Masalah Jaringan Internet Kartu 3

Arsip pribadi: Tiga formulir dari 3Store Jogja
Saya pengguna kartu 3 sejak beberapa tahun yang silam. Alasan saya memilih 3 karena masa aktifnya panjang dan biaya sms-nya terhitung hemat. Satu kali sms, dapat bonos gratis 1000 sms (dibagi per oprator). Sebagai penjual online yang sering melayani pelanggan, komunikasi via sms saya memilih kartu 3.

Tanggal 30 April 2017 kemarin saya kehabisan paket data internet dan belum beli kartu internet baru. Malam harinya, sebelum saya beli kartu internet, saya cek pulsa 3, masih sisa Rp9.000an sehingga saya daftarkan paket chating untuk sementara waktu. Setelah saya daftarkan, kemudian saya isi pulsa lagi Rp5000 untuk memperpanjang masa aktif. Tapi naifnya, sinya internet kartu 3 tidak muncul sama sekali.

Berkali-kali saya coba cari jaringan secara manual, tapi belum juga muncul. Saya coba pindah lokasi, belum juga. Saya cek HP pakai kartu lain, ternyata sinyal internetnya lancat. Kesimpulan saya yang bermasalah adalah jaringan kartu 3 tersebut.

Inisiatif saya adalah menelpon oprator 3 via nomor 123 dengan tarif Rp300 satu kali panggilan. Saya menceritakan keluhan saya tentang masalah jaringan. Bapak operator memberi penjelasan bahwa kartu saya dalam keadaan baik, dalam arti tidak ada masalah. Dimungkinkan hanya gejala gangguan jaringan oprator 3 saja. Saya disuru menunggu sambil lalu mencoba cari jaringan secara manual dan merestart HP. Saya pun melakukannya, namun hasilnya tetap sama.

Keesokan paginya, sekitar pukul 8.30 saya mendatangi gerai 3 store di sebelah timur stadion Kridosono Jogja. Di sana saya menceritakan kendala kartu 3 tersebut. Mbak Admin menjelaskan bahwa kartu 3 saya memang dalam masalah. Masuk dalam masa tenggang.

"Saya sudah mengisi pulsa tadi malam untuk memperpanjang masa aktif, mbak." Jelas saya.

Admin tersebut menjelaskan lagi, bahwa, benar untuk masa aktifnya sebenarnya memang masih panjang, sampai 2 Juni 2017. Tapi kartu tersebut kendalanya dalam soal masa aktif yang mengakibatkan jaringan internet tidak muncul. Mengenai hal ini, saya kurang begitu paham. Sebab saat kartu saya dicek, diidentifikasi dalam komputer tersebut saya tidak diperkenankan untuk melihat. :-)

Admin itu mengatakan, bahwa saya harus menghubungi oprator dulu. Saya menjawab, bahwa tadi malam saya sudah menghubungi, dan menceritakan kronologi. Admin itu kembalu menjelaskan, bahwa kartunya akan direfsresh ulang, akan diperbaiki dan saya disuru mengisi formulir/surat pengaduan gangguan kartu 3 tersebut. Saya mengikuti perintahnya, mengisi dan menandatangani formulir tersebut. Dalam salinan kertas tersebut, tertulis masalah kartu saya adalah: Unsynchronize number (Suspended).

Semua proses itu selesai dan saya disuru menunggunya. Kendala tersebut segera diatasi. Saya pulang dengan harapan masalah tersebut cepat selesai. Sampai siang hari, sudah saya lakukan pencarian sinyal manual, restar HP, copot kartu dan pasang lagi--masih juga belum muncul sinyal internet tersebut. Sehingga saya memutuskan untuk menelpon operator 3 kembali.

Saat saya terhubung dan menceritakan kendala kartu saya, suara operator perempuan itu menjelaskan bahwa kartu saya memang bermasalah dan sudah dirifresh. Saya diminta untuk merestart HP atau menyopot kartu, lalu memasangnya kembali. Saya lakukan itu beberapa kali, namun tetap saja hasilnya menjengkelkan. Saya biarkan saja dan saya tunggu dengan sabar.

Sore hari sekitar pukul 03.30, saya mendapat dua sms dari 3stor Jogja. Isinya adalah pemberitahuan bahwa kartu saya sudah diaktifkan dan sudah bisa digunakan kembali. Saya langsung cek lagi sinyal internet. Saya cari secara manual, saya restart HP, dan masih sama tak ada sekejap pun tanda-tanda bahwa sinyal 4G, 3G, H, maupun E akan muncul. Saya menyerah, dan saya berkeputusan menunggu sampai malam hari. Harapan saya, semoga saja nanti malam sudah bisa.

Ternyata harapan itu pun sia-sia. Melewati jam 10 malam, saya terpaksa menghubungi operator 3. Menceritakan kendala dan kronologi masalah dari awal. Suara Bapak operator itu menerangkan bahwa 3 untuk wilayah Jogja memang dalam keadaan bermasalah. Saya diminta untuk menunggu sampai jam 04 pagi, lalu diminta agar mengecek kembali esok.

Pagi hari saya kembali melihat HP. Sinyal internetnya tetap kosong. Saya coba cari sinyal secara manual untuk kesekian kalinya, masih sama, kosong. Lalu saya coba matikan HP, kemudian saya nyalakan kembali. Tapi tetap sama, sinyal internet tidak muncul.

Jam 08.30-an dengan terpaksa saya pergi ke 3 Stor. Di sana sudah antari 7 orang dari nomor antrian yang saya peroleh nomor 11.

Singkat cerita, saya ceritakan kembali kronologi masalah. Mbak Admin menanggapi masalah yang saya ceritakan tidak jauh berbeda dengan sebelumnya. Di sana kartu saya dicoba diganti dengan kartu baru, tapi tetap saja belum bisa. Ujuang-ujungnya, saya kembali disuru menunggu. Dan saya pulang dengan kekecewaan.

Saya menunggu hingga siang dan sore hari. Dengan terpaksa, menjelang malam saya kembali menelpon operator 3care via 123 dg biaya Rp300. Saran dari Mbak operator tetap tidak berbeda dengan sebelum-sebelumnya. Alasan yang selalu diutarakan adalah jaringan 3 di daerah Yogyakarta memang sedang bermasalah. Tapi pertanyaan saya, kenapa hanya nomor saya yang tidak bisa? Saya coba tanya teman pengguna 3, jaringan internetnya ada.

Sampai di sini, saya berkesimpulan pihak 3 kurang profesional dalam menyelesaikan masalah. Pelanggan dibikin bingung dan kecewa. Belum lagi seandainya saya hitung-hitungan pekerjaan saya dalam berjualan online yang harus menerima dan membalas chating WA dari pembeli. Saya pun mengsiasatinya dengan membeli kartu internet perdana lain.

Sampai malam hari, saya lihat jaringan internet 3 tetap kosong. Padahal menjelang maghrib saya mendapat sms dari 3care (123) bahwa kartu saya katanya sudah bisa digunakan (internetnya). Saya benar-benar mulai jengkel dengan kejadian ini. Saya abaikan saja untuk sementara. Harapan saya, semoga besok pagi sudah bisa.

Pagi hingga siang, kartu 3 saya coba gonta-ganti ke HP lain. Namun tetap saja tidak bisa. Hingga akhirnya, saya kembali menelpon operator 3 via 123. Lagi-lagi jawab Mbak operator masih sama. Sarannya tetap agar saya coba cari jaringan secara manual dan restart HP. Saya katakan, bahwa itu sudah berkali-kali saya lakukan, dan hasilnya nihil.

Mbak operator itu menanyakan soal isi data networkingnya, agar dipastikan terisi dengan data: 3data dalam tiga point berikut: APN, username, dan pasword. Saya jawab, saya kurang paham, karena memang belum pernah mengutak atik hal tersebut, karena sebelum-sebelumnya berjalan normal. Dan saya diminta untuk mengeceknya nanti. Saya pun mengecek, dan membuatnya seperti apa yang disarankan Mbak Operator. Bahkan saya coba juga mengisi dengan membaca panduan seperti di web resmi 3. Namun, hasilnya tetap mengecewakan. Tidak ada sedikitpun tanda jalau jaringan internet akan muncul.

Sampai di sini, saya lagi-lagi berkesimpulan, bahwa pihak 3 tidak bisa sigap dan bertanggungjawab atas persoalan yang dialami oleh pelanggannya. Karena, berkali-kali saya mencoba menghubungi, baik 3store atau operator, sarannya seragam, dan hasilnya kosong. Tidakkah ada tindak lenjut yang serius dalam menangani persoalan yang sudah dikeluhkan pelanggan hingga berkali-kali?

Jum'at 5 Mei 2017 pagi, saya kembali datangn ke 3store Jogja. Saya menanyakan lagi soal kendala kartu saya. Admin yang melayani adalah laki-laki. Saya menceritakan masalah kartu 3 yang saya alami. Singkat cerita, lagi-lagi admin itu mau membuatkan surat pengaduan seperti sebelumnya. Lantas saya katakan, bahwa dua kali saya ke 3store telah dibuatkan surat pengaduan. Tapi tetap saja belum selesai.

Ketika itu, saya lupa membawa bukti surat tersebut, tapi saya telah memfotonya dan saya perlihatkan kepada admin.

Saya lihat dua admin (perempuan dan laki-laki) itu berembuk bingung. Rupa-rupanya mereka tidak enak pada saya untuk memutuskan--dengan hanya dibuatkan surat pengaduan lagi. Dan akhirnya, admin laki-laki itu, setelah mengotak-atik HP dan kartu 3 saya tetap tidak bisa, baru dia bilang akan dibawa ke teknisinya dulu di ruangan 3 paling depan.

Saya menunggu beberapa saat. Lantas lelaki itu datang dengan membawa kertas berisi catatan. Kemudian ia menjelaskan pada saya, katanya program pada kartu saya memang ada masalah. Terpaksa akan dibuatkan surat pengaduan lagi. Dan saya tak ada pilihan lain kecuali mengiyakan.

Heran! Saya merasa bahwa tidak ada keseriusan dalam masalah ini. Pada malam harinya saya menghubungi pihak 3 via facebook, dan katanya kartu saya sudah tidak ada masalah. Sebelum itu juga saya mendapat sms pemberitahuan dari 3care (123) bahwa kartu saya sudah tidak bermasalah, namun sinyal internet tetap kosong. Dan, sekarang, setelah saya ke 3store Jogja mendapat info, bahwa kartu saya dalam masalah.

Akhirnya, saya pun menerima dan menandatangani kembali surat pengaduan tersebut untuk ke-3 kalinya. Dan saya pun disuruh menunggu 3 kali 24 jam lamanya.

Sampai tulisan ini saya uplod (5 Mei 2017, sore hari), kartu 3 saya masih belum muncul jaringan internetnya.

*catatan ini saya tulisan sekadar berbagi pengalaman, tanpa tendensi lain yang bersifat negatif. :-)

Sorowajan, Jogja 01-05 Mei 2017

0 comments: